Dukung Kegiatan Kami dengan Berdonasi

Infaq & Sedekah Tidaklah Mungkin Mengurangi Harta … Yakinlah!

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” HR. Muslim no. 2558, dari Abu Hurairah.

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

Tentang Keutamaan Infaq & Sedekah

  • Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sedekah dengan rahasia bisa memadamkan murka Allah” (Shahih At-Targhib, no. 888)

  • Dari ‘Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, no. 3484). Yazid – salah seorang perawi yang membawakan hadis ini – menceritakan: “Dulu si Martsad, setiap kali melakukan satu dosa di hari itu maka dia akan bersedekah dengan apa yang dia miliki, meskipun hanya dengan secuil kue atau bawang” (As-Silsilah As-Shahihah, no. 872).

  • Dari Al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Obati orang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (Shahih At-Targhib, no. 744).

Ibnu Syaqiq menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ibnul Mubarak – guru Imam Bukhari -:

“Saya memiliki luka di lutut selama tujuh tahun, sudah coba diobati dengan berbagai macam cara, sudah konsultasi dokter dan tidak ada perubahan.” Ibnul Mubarak menyarankan, “Buatlah sumur di daerah yang membutuhkan air. Saya berharap akan menghasilkan sumber air dan menyumbat darah yang keluar.” Diapun melakukannya dan sembuh. (Shahih At-Targhib)

  • Dari Al-Harits Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bercerita tentang wasiat Nabi Yahya kepada bani israil. Salah satu isi wasiat itu, Nabi Yahya mengatakan,

“Aku perintahkan kalian untuk banyak sedekah. Perumpamaan sedekah seperti orang orang yang ditawan oleh musuhnya dan tangannya diikat di lehernya. Ketika mereka hendak dipenggal kepalanya, dia bertanya: ‘Bolehkah aku tebus diriku sehingga tidak kalian bunuh.’ Kemudian dia memberikan yang dimiliki, sedikit atau banyak, sampai dia berhasil menebus dirinya.” (Shahih At-Targhib, no. 877).

Bentuk-bentuk Donasi

Infaq

Infaq dari kaum muslimin baik rutin maupun insidental yang akan diberdayakan untuk kegiatan pembinaan dengan dakwah dan pelayanan sosial terbatas kepada umat.

Infaq Dan Wakaf Akad Tertentu

Menyalurkan infaq atau wakaf dengan aqad tertentu dalam pemanfaatannya. Infaq dan wakaf dapat berupa uang atau dalam bentuk barang yang sesuai dengan visi misi Balai Dakwah Banjarnegara.

Zakat

Melayani program penghitungan zakat, menerima zakat maal untuk dialokasikan sesuai dengan peruntukkannya yaitu delapan ashnaf (golongan).

Program Unggulan BDB

  • Program Ustadz Go To Kampoeng;
  • Penerbitan Buku & Majalah Al Qomar, yang akan dibagikan secara Gratis;
  • SEMBADA, Senyuman Berbagi Untuk Dhuafa & Yatama;
  • BERDAYA, Beasiswa Santri Dhuafa & Yatama;
  • Pengembangan TPQ & Rumah Qur’an Al Qomar- Balai Dakwah Banjarnegara;
  • SOS, Santunan Orang Sakit;
  • Bedah Rumah Dhuafa;
  • Pembangunan Masjid;
  • Dan masih banyak kegiatan lain yang bersifat pembinaan dengan dakwah & pelayan sosial kepada umat. Dapat dilihat pada menu Galeri atau Repotase kegiatan di situs ini.

Cara Donasi

  1. Transfer rekening ke nomer rekening BMI 5450000088 a.n Junianto. Konfirmasi setelah transfer sms/wa ke nomer 0853 2698 6600 (Ust. Junianto, S.E.)
  2. Layanan Jemput Donasi. Telpon/sms ke nomer 085 291 123 304 (Yudi) atau telpon kantor (0286) 5985247 pada hari Senin-Sabtu (08.00 – 16.00), Whatsapp ke nomer 081 57 987 987 Admin Pusat Balai Dakwah Banjarnegara. Petugas kami in syaa Allah akan datang ke alamat anda.
  3. Meyerahkan infaq dengan datang langsung ke Kantor Sekretariat Balai Dakwah Banjarnegara: Jl. Raya Pucang Km. 3 Bawang – Banjarnegara (150 m Timur Pasar Pucang | Selatan Jalan).
  4. Menjadi Donatur Tetap Kotak Infaq SAHAM (Shadaqah Harian Muslim) Balai Dakwah Banjarnegara, bergabung dengan komunitas donator BDB, lebih dari 1.000 donatur lain yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara.
Close